Type something and hit enter

author photo
By
seo on page

SEO On-Page- Pada peluang sebelum nya telah saya sampaikan tentang Seo On-Page maka saya rasa sobat seluruh sudah paham, andai belum saya tegaskan lagi bila Seo On Page itu ialah Optimasi yang di kerjakan dari dalam Website atau Blog.

Kenapa mesti Seo On Page ?

Seo On-Page bertujuan guna mengoptimalkan suatu website supaya mesin pencari laksana Google, Bing, Yahoo, Yandex dll dapat memahami bahwa Website itu benar-benar Relevan/sesuai dengan yang di telusuri penguna atau tidak.

Paham ? Okey lanjut

Seo On Page ini mempunyai suatu yang bisa di optimalkan dengan cara-cara berikut:

Optimasi SEO ON-PAGE
1. URL Domain yang Singkat dan Tepat
Sebelum menciptakan sebuah Website urgen untuk terlebih dahulu menganalisa Website apa yang mesti di bangun. dengan menganalisa apa target dan tujuan suatu website maka anda akan memudahkan dalam membina Website sebab kita telah tahu arah dan destinasi website tersebut, supaya tidak kesana kesini alias kesasar.

Contoh anda akan membina sebuah Website yang bertujuan guna Jual Beli Online, maka kita pun akan menargetkan dan konsentrasi nice "jual beli online" dan tidak memikirkan yang lain.

Coba saja ibarat anda akan pergi ke masjid namun kita justeru memikirkan warung dan yang di kupas warteg-warteg terdekat, maka apa yang saya dan anda bisa ? pasti paham ya !

-Url Sesuai Keyword/niche
Usahakan url dan judul sama/bersinambungan, misal judul "Toko Pedia: jual beli online" maka Url "Tokopedia.com", maka dengan demikian situs kita akan gampang dalam menempati perigkat 1 Google dan semua pengunjung pun mudah untuk menggali Website/situs kita.

-Url yang Singkat Mudah di Ingat
Tentukan Url Domain yang sesingkat-singkat nya dan tepat, dalam menilai Domain ini anda harus memilih 1-2 kata saja karena andai terlalu panjang maka di samping orang sulit menilik mbah google pun tidak menyenangi hal itu, dan jangan pakai url memakai tanda hyphens(-) dan hindari angka di dalam Domain.

Contoh tokobagus,com dan tidak boleh tokobagusseindonesiarayamerdeka,com.

Coba ingat gampang yang mana

A : tokobagus,com ?
B : tokobagusseindonesiaraya,com ?

Ya, kamu benar, yang A jawaban nya.

Maka tentukan Url Domain kamu dengan tepat.

Jika kamu masih bingung guna memilih Domain yang tepat maka silahkan baca di 8 Tips Membuat Domain yang Tepat

II. Template yang Responsive dan SEO Friendly

Kita mesti membina Template yang responsive dan seo friendly, supaya website kita gampang di akses di manapun dan kapan juga dan oleh siapapun.

Apa si Template yang Responsive dan Seo Friendly ?

Saya sampaikan secara singkat saja, Template Yang Responsive tersebut yang ketika di akses melewati apa saja tampilan tetap rapih, laksana di lihat dari Kompuer,laptop,Tabblet atau juga Smartphone.
Tampilan Dekstop dan Mobile sama sama oke.

Sedangkan Seo Friendly ialah Template yang enteng dan ada fitur-fitur yang memudahkan pengunjung. demikian singkat nya, bila hendak tahu difinisi template seo friendly maka silahkan di mbah.

Dengan memilih Template yang Responsive dan Seo Friendly maka bakal mempermudah situs kita guna di akses semua pengunjung.
Mereka semua pakar Seo menegaskan ketika memilih Template mesti dengan yang benar, karna andai salah dalam pemilihan Template maka tidak menutup bisa jadi Website anda akan sepi pengunjung.

Coba kamu sendiri andai masuk suatu Website atau Blog yang loading nya lama tampilan gak responsive alias acak-acakan maka kamu akan merasa malas kan guna melanjutkan membaca? al-hasil kamu akan terbit dan menggali blog lain.

Sekarang juga tidak sedikit Template Premium yang cuma-cuma maka sobat dapat menggali dan menemukan nya dengan Gratis.

maka tidak boleh biarkan urusan tersebut terjadi terhadap Website anda.

Ingat ! Template sangat memprovokasi SEO.

Silahkan uji Template sobat di sini atau dapat baca dulu Cara Uji Template Responsive dan Seo Friendly

III. Tag Judul Artikel yang Menarik

Tag judul ini berperan sangat urgen dalam merealisasikan sebuah Website atau Blog. 
Kenapa saya bilang paling penting?
 sebab saat pengunjung mengetikan keyword di mesin penelusur maka yang di lihat kesatu ialah Judul nya.

Coba sobat saja ketika mencari kata kunci "Belajar SEO" maka apa yang terlebih dahulu sobat lihat?
Ya tentu nya Judul nya dong jawabanya.

Maka dari tersebut penting menciptakan Judul Artikel yang menarik, sebab sebagus apapun isi konten semenariknya ulasan konten sejumlah nya kata di konten andai Judul konten tidak unik untuk di klik maka apaboleh bikin pengun jung akan menggali judul yang beda yang cocok dengan apa yang mereka cari.

Contoh terdapat dua Website dengan Keyword "Belajar Seo" dan yang tampil dengan judul

1. Belajar Seo guna Pemula
2. Belajar Seo Terlengkap guna pemula dari A hingga Y

Maka bisa jadi besar pengunjung bakal mengklik judul yang ke 2
dan Google memerlukan Website yang benar-benar diperlukan oleh pengunjung, maka Google bakal menaikan Website yang ke2 untuk menempati peringkat 1

Benar atau benar ?

IV. Meta Tag Sesuai Keyword

Meta tag ini ialah suatu unsur yang terdiri Meta Discription, Meta Keyword, Meta Konten.
Untuk mengetahui semua tersebut mari kita kupas satu persatu.

a. Meta discription
Elemen ini berisi peran yang pun tak kalah penting sebab denga memasukan Diskripsi di dalam halaman maka pengunjung pun akan tertarik dan penasaran dengan isi konten tersebut.

Meta Discription ini seringkali terletak di bawah judul artikel

Dan teknik membuat nya pun paling mudah, terdapat yang dengan teknik otomatis terdapat yang dengan manual.

Dengan demikan kan orang tau apa isi judul tersebut,

oh isinya tentang petunjuk lengkap
oh isinya terdapat konten marketing
oh isinya terdapat seo onpage

Secara langsung anda akan mengklik judul tersebut. tetapi saran saya tidak boleh terlalu tidak sedikit memasukan Keyword di Meta Discription sebab sekarang Google telah tidak suka lagi dengan teknik ini.

Silahkan kamu juga dapat baca Cara Memasang Meta Tag Diskripsi Dengan Mudah

b. Meta Keyword
Meta kata kunci ini pun salah satu unsur yang paling penting, sebab saat kits merealisasikan meta kata kunci ini dengan tepat dan benar maka ketika pengunjung mencari kata kunci nya maka kata kunci Website sobat akan hadir di mesin penelusuran.

Cara menerapkanya pun pun sangat gampang ada yang secara otomatis dan pun secara manual. Dan sobat juga dapat menerapkan nya dengan Tips Ini.

c. Meta konten
Buat lah konten yang unik yang bisa memanjakan pengunjung, sampai-sampai si pembaca juga merasa kerasan untuk membacanya dan merasa tidak perlu website lain sebab apa yang mereka cari terdapat di Website ini dan seluruh masalah nya dapat di atasi melulu dengan menyimak di 1 Website.

V. Konten Berkualitas yang Terbaik Dan SEO Friendly

Sebelum menciptakan konten yang baik anda analisa dulu, siapakah calon pembaca kita, karna pembaca itu tidak sedikit dari kalangan, dari kalangan orang tua, anak muda, remaja, pembisnis dan pelajar.
Jadi pakai bahasa yang sesuai supaya pengunjung terasa Rilex dan tidak tegang saat menyimak konten kita.

Buat lah konten yang berbobot | berbobot | berkualitas Seo Friendly dan yang sebaik-baiknya, bikin setidak nya 500 kata atau lebih tidak sedikit itu lebih bagus di mata mbah.

Konten yang Berkualitas ini yag sangat urgen dalam pembangunan suatu Website. sebab setelah saya teliti ternyata benar konten yang berbobot | berbobot | berkualitas lah yang menempati peringkat 1 Google.

Buat konten yang bisa memanjakan mata pengunjung dan tidak boleh berbelit-belit dalam mencatat sebuah konten karna orang bakal merasa jenuh karna isi konten terlalu tidak sedikit berbelit-belit.

Dan pengunjung pun lebih suka konten yang langsung dapat di terapkan.

Berikut saya sebut kan jenis-jenis konten yang boleh di pakai dan yang jangan di gunakan

Saran konten yang boleh di gunakan

Isi dengan bahasa yang enak di paham
Masuka tag gambar,video yag memperkuat isi konten
Pasang internal Link mengarah ke sebuah Website baru yang bisa di percaya
Sertakan sumber andai di perlukan
dll

Konten yang tidak boleh di gunakan

Berbelit-belit (panjang namun jangan tidak sedikit basa basi)
Merendahkan isi konten orang lain
terlalu tidak sedikit keyword yang di tulis (udah gak jaman lagi)
Ada bagian sara
Profokasi
dll

Apa dan bagaimana si teknik membuat konten yang berbobot | berbobot | berkualitas itu ?

Anda dapat mencarinya di mbah

VI. Format H1 - H3 yang Benar

Search Engine akan menyimak halaman situs secara keseluruhan dibuka dari kiri atas hingga kanan bawah.
Maka dari tersebut penting untuk menanam Tag H1 pada kalimat kesatu pada konten website. H1 lazimnya ditempatkan pada Tag Judul artikel. di samping H1 penting pun untuk menanam H2 dan H3 pada konten yang berada pada halaman tersebut.

Seperti misal website ini menanam H1 pada Tag Judul dan H2 pada Tag Judul Widget, atau pada Subheading.

Namun kini ini tidak sedikit penyedia Template yang bayar atau yang cuma-cuma yang telah otomatis di pasang bentuk format tersebut.

Para pakar SEO pun tidak sedikit yang bilang kalau teknik ini telah jadul dan tak butuh di lakukan lagi di dalam SEO Jaman Now.

Jadi boleh di lakukan dan pun boleh tidak, saran saya andai belum paham dengan bentuk ini tidak boleh di terapkan, nanti takutnya justeru jadi jelek di mata mbah

VII. Internal Link Menuju Website yang Tepat

Memiliki faedah yang baik bila diterapkan di dalam setiap tulisan atau di struktur menu situs kita. Kenapa Internal Link begitu penting?

Dikarenakan destinasi utama Internal Linking ialah untuk menolong Search Engine menjelajahi semua halaman tulisan dan menyimak seluruh struktur blog kita.

Struktur rapih menciptakan semua tulisan kita bakal terindeks dengan baik di Search Engine. Salah satu contohnya ialah mempunyai menu situs rapih dan mengarah ke pada tulisan bersangkutan dengan relevan dan tidak berlebihan. Umumnya sebuah tulisan baiknya mempunyai 1 Internal Link terhadap tulisan bersangkutan.

Tapi mengapa blog ini ada internal link begitu banyak? gak papa barangkali ada dalil tertentu di blog ini

Hal tersebut pun dapat menolong para pembaca atau user yang mengakses situs dan menemukan tulisan yang user butuhkan. User akan kerasan berlama-lama mengakses tulisan yang lainnya.

 Bagi SEO sendiri tulisan yang mempunyai Internal Link ke tulisan lainnya mempunyai nilai keyword yang secara tidak langsung menolong meningkatkan presentasi keyword artikel.

Jadi pasang intrnal lik dengan baik dan benar supaya pengunjung dapat lebih luas saat menyimak konten kita.

VIII. Gambar Berkualitas dan Berukuran Ringan

Gunakan gambar yang berbobot | berbobot | berkualitas tinggi dalam meningkatkan atribut gambar di suatu Website.
Bukan melulu text di dalam tulisan yang dapat SEO Friendly, masing-masing gambar pada tulisan dapat saya dan anda lakukan SEO Friendly supaya dapat terindex di Search Engine dengan mudah.

Hal tersebut menolong website anda mendapatkan Traffic lebih dan berfungsi memberikan keyakinan pada user bahwa situs kita nyaman guna diakses disebabkan mempunyai gambar-gambar yang user inginkan.

Pertama sebelum meng-upload gambar pastikan nama guna gambar merupakan penjelasan singkat untuk mengulas gambar tersebut. Contohnya (gambar logo situs ini) mempunyai nama gambar "Seo-Masmient-logo.png". 

Kedua menambahkan ALT Text pada masing-masing gambar yang anda tampilkan di artikel. Keterangan yang anda berikan pada masing-masing gambar bakal mempermudah Search Engine memahami gambar apa yang anda tampilkan di dalam artikel.

Baiknya penjelasan pada gambar mempunyai panjang dari 5-15 kata. Bila penjelasan terlalu panjang bakal mempersulit Search Engine guna mendefinisikan gambar tersebut. 

Untuk SEO saya dan anda bisa memasukan keyword pada gambar, namun ucapan-ucapan tersebut mesti tetap relevan untuk menafsirkan gambar.

Jadi usahakan Gambar yang kita pakai juga berukuran Rendah. karena andai rendah akan meminimalisir kelemotan loading suatu Website atau Blog.

IX. Referensi berupa link ke situs lain (Inbound Link)

Poin ini sangat urgen terutama untuk website baru.

Google, sebagai pusat informasi tentunya hendak menyediakan konten-konten yang terpercaya. Agar kabarnya tidak menyesatkan tidak sedikit orang.

Inilah kenapa website besar lebih gampang masuk halaman kesatu…

Karena reputasinya telah terbangun semenjak lama.

Nah, sebab website kamu masih baru, Google memandang isinya belum dapat dipercaya. Karena belum dipercaya, maka bakal lebih susah mendapatkan peringkat tinggi.

Disini lah link referensi dapat membantu.

Link ke situs lain yang reputasinya bagus dan relevan akan menciptakan reputasi konten kamu jadi lebih baik. .

Analoginya laksana ini:

Coba ambil salah satu kitab non-fiksi.

Di dalam kitab tersebut tentu ada susunan pustaka atau daftar kaki. Isinya informasi kutipan dari sumber lain.

Buku tanpa kutipan sumber beda akan dirasakan tidak terpercaya.

X. Bisa di Share ke Sosial Media

Saat ini Google tidak memandang jumlah share sebagai hal penentu peringkat di Google, namun bukan berarti social sharing tidak penting.

Justru sebaliknya.

Social share punya akibat tidak langsung terhadap peringkat website.

Ini guna dari social share:

Tambahan pengunjung
Branding, website kamu akan dikenal
Faktor kepuasan meningkat tinggi (kalau website kamu bisa memuaskan pengunjung yang datang)
Beberapa dari pengunjung akan menyerahkan backlink (dibahas lebih lanjut dalam bab selanjutnya)
Dibandingkan SEO, social media akan membina brand website kamu dengan lebih cepat.

Inilah yang punya efek terhadap SEO.

Ketika website kamu sudah dikenal, maka orang-orang akan menggali website kamu lewat Google…

Karena tidak sedikit yang menggali lewat Google, dengan kata lain reputasi website kamu akan dirasakan bagus oleh Google.

Oleh sebab itu, pasang tombol share di situs anda.

Kemudian pakai elemen pemicu popularitas untuk menciptakan konten yang unik untuk di-share.

XI. Kecepatan respon dan hambatan kecepatan
Website yang lebih cepat bakal mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Dalam tulisan yang ditulis oleh Billy Hoffman di MOZ, tampak bahwa situs yang berada dalam peringkat atas mempunyai waktu respon yang lebih singkat.

TTFB dan Peringkat Website

Time to First Byte (TTFB) dengan kata lain waktu yang diperlukan server situs sampai user mendapat 1 byte kesatu. Dengan kata lain, masa-masa respon server.

Peningkatan kecepatan tidak saja untuk mesin pencari. Pengunjung pun akan jadi lebih nyaman berada dalam situs yang masa-masa loadingnya singkat.

Ada sejumlah hal yang memprovokasi kecepatan:

  • Kualitas hosting yang digunakan
  • Jumlah file .js dan .css di
  • Ukuran halaman yang terlampau besar sampai-sampai mengganggu pengunjung
  • Perlu diingat: eksistensi gambar dan video tidak akan dirasakan mengurangi kecepatan website. Kecuali bilamana jumlahnya berlebihan dan tidak diperlukan.


Anda dapat menguji kecepatan website kamu melalui Google Page Speed Test. Segera kerjakan perbaikan bila skornya di bawah 75.

Sumber no9,10,11: Panduanim.com

Click to comment