Type something and hit enter

author photo
By
Cara Uji Template-Dari sekian banyak hal yang ingin diketahui oleh seorang blogger, cara uji template SEO Friendly menjadi salah satu dari sekian banyak teknik yang sangat ingin diketahui untuk dikuasi secara benar.

Tujuannya tentu tak jauh dari keperluan optimasi blog sehingga mencapai baik tingkat perangkingan tingkat mesin pencari, ataupun keperluan-keperluan layout agar tampilan kian menarik dan menjadikan pengunjung kerasan berlama-lama menikmati sajian-sajian konten didalamnya.

Yang lebih menarik, meski ini sebenarnya adalah salah satu teknik optimasi dasar yang perlu diketahui oleh seorang blogger, namun karena satu dan lain hal, tak jarang, bahkan blogger yang sudah berpengalaman sekalipun mempunyai pengalaman yang serupa.

Namun memang begitulah dunia SEO, tidak ada kepastian.

Ini karena mesin pencari adalah sebuah karya teknologi yang memang sangat dinamis, jadi sudah pasti, setiap perkembangannya juga akan bersifat temporer dan relatif dari hari ke hari.

Template Masuk Kedalam Optimasi Jenis apa?

Tentu para blogger sudah tak asing lagi dengan istilah SEO On Page dan SEO Off Page.

Dengan demikian, kalau boleh bertanya, sebenarnya template ini masuk kedalam elemen SEO yang manakah?

Apakah SEO On Page?
...atau
SEO Off Page?

Kalau jawabannya SEO On Page, maka berarti pengetahuan anda tentang dunia SEO sebenarnya sudah mulai mendalam.

Tapi, apakah sebenarnya SEO On Page itu sendiri?

Kalau diterjemahkan secara harafiah, SEO On Page berarti optimasi yang dilakukan pada element-elemeng di dalam website itu sendiri.

Dan template termasuk dalam salau satu elemen SEO On Page ini.

Selain template, ada juga elemen lain yang masuk dalam SEO On Page antara lain; tag judul, URL Domain, meta tag, format H1 – H3, internal link serta image ALT Text.

Mengapa kita membahas hal tersebut? Adakah hubungannya dengan poin utama yang hendak kita bahas?

Jawabannya, tentu saja ada.

Sebab, seluruh elemen dalam teknik SEO, memang saling terkait satu sama lain. Setiap elemen akan mempengarahui elemen lainnya dan membawa dampak pada keefektifan teknik SEO yang diterapkan.

Selain itu, konten yang Anda pesan melalui jasa penulisan artikel akan jauh lebih baik jika menerapkan teknik SEO On page ini.

Namun kita tidak akan membongkarnya satu persatu. Karena kali ini kita hanya khusus akan berkutat pada satu fokus saja yaitu tentang bagaimana cara mengenali apakah template yang dipakai pada sebuah website memang SEO friendly atau tidak.

Cara Uji Template Responsive Sesuai Kaidah SEO On Page


uji template blog

Sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara cek template SEO friendly? Mari kita uraikan satu persatu.

1. Cek Kerapihan Multiplatform


Ciri pertama sebuah template yang memang SEO Friendly adalah secara otomatis menyesuaikan bentuk bila dibuka secara multiplatform.

Istilah ini sering kita sebut sebagai template responsive.

Secara sederhana, template responsive adalah template yang pada saat dibuka di PC, Laptop, atau di Smartphone tetap rapi dan tampilannya tidak acak-acakan.

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Buka blog yang hendak diuji coba templatenya.
Amati semua bagian, apakah sudah rapi dan sesuai dengan tampilan dekstop?
Selanjutnya lakukan pengujian dengan memilih menu yang terkait dengan pilihan platform penggunaan, biasa ditandai dengan ukuran pixel atau sejenisnya. Ini akan memberikan simulasi tampilan template pada saat dibuka di platform desktop maupun mobile atau smartphone.

Cara ini adalah teknik yang tujuannya mengetahui seberapa responsive sebuah tema pada waktu pengguna membukanya pada platform yang berbeda.

Atau selain menerapkan cara tersebut anda juga bisa menggunakan teknik lainnya. Untuk tekniknya anda cukup membuka alamat URL situs yang hendak diuji coba di smartphone anda sendiri.

Bila masih ditemukan ketidakrapihan dari segi layouting halaman, bisa saja salah satu penyebabnya adalah tema yang dipilih kurang responsive.

Solusinya ada dua, mengganti atau memperbaiki hal tersebut.

2. Cek Dengan Google Page Speed 


Banyak pakar SEO masa kini yang sering mendebatkan hubungan antara page speed dengan net speed. Maksudnya, tak perlu terlalu memusingkan soal page speed karena koneksi internet belakangan sudah semakin membaik kecepatannya.

Padahal sebenarnya page speed tetap perlu dipertimbangkan.

Bahkan Google sendiri memberikan satu metode khusus bagi para pengembang website maupun blogger untuk menggunakan fitur tersebut agar mengetahui berapa sebenarnya page speed situsnya.

Dan salah satu elemen penting yang berkaitan dengan page speed sebuah situs adalah templatenya.

Untuk langkah mengetahui tentang page speed adalah sebagai berikut.

Pada browser ketikan kata kunci Google PageSpeed Test, selanjutnya akan muncul berbagai hasil pencarian pilih yang bersumber dari developers.google.com
Terdapat sebuah kolom yang bisa diisi dengan URL situs yang hendak diuji coba.
Copy paste URL situs tersebut pada kolom yang tersedia.
Klik tombol analisis.
Tunggu pengecekkan sedang dijalankan oleh tools Google Pagespeed Test.
Akan muncul hasil dalam bentuk angka, disini sekaligus juga muncul warna-warna yang menyertai tampilan angka dalam lingkaran tersebut.
Angka tersbut bisa dipahami sebagai score situs yang URL nya sedang dicek.
Baca satu persatu informasi yang muncul dan kenali masalah apa saja yang ada dalam situs tersebut agar memperoleh score SEO terbaik.

Karena bersumber dari Google, tools ini bisa menjadi rujukan bagi siapa saja yang ingin mengetahui SEO score situs yang sedang dilakukan pengecekkan tersebut. Bila tampak adanya saran berkaitan dengan template maka berarti template yang dipakai kurang SEO friendly.

3. Lihat Strukturnya


Template yang SEO Friendly tidak hanya masalah responsive dan memiliki kecepatabn yang baik, namun juga terpasangnya semua element yang menjadi struktur dari SEO.

Struktur yang kami maksud disini seperti title tag dan meta deskripsi.
Meskipun title tag tidak dapat dilihat secara langsung oleh pengunjung, namun robot google sangat memperhatikan hal ini.

Itulah tadi beberapa penjelasan terkait template yang responsive disertai cara uji template SEO friendly atau tidak. Cara-cara serta penjelasan disini tentu bukan patokan utama. Sebab dalam teknik SEO, tak ada teknik SEO yang abadi, maka mempertimbangkan masing-masing elemen SEO yang diterapkan, salah satunya adalah template jelas mutlak adanya.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai cara optimasi SEO On Page, Anda bisa membacanya melalui link tersebut, step by step yang lengkap bisa Anda temukan disana.




Click to comment