8 Tips Memilih Domain Yang Tepat Untuk Web atau Blog
Cari Artikel

Advertisement

8 Tips Memilih Domain Yang Tepat Untuk Web atau Blog

Masmient
8/31/2018

tips memilih domain


Selamat Datang Di Blog Sederhana Kami

Tips Membuat Domain Yang TepatSebelum saya menjelaskan tentang bagaimana cara memilih nama nomain, sy akan menjelaskan terlebih dahulu apa arti nama domain. Nama domain adalah alamat blog atau website. Misalnya seperti alamat blog saya yaitu  https://masmient.blogspot.com.

Biasanya nama domain selalu dikaitkan dengan hosting yaitu tempat menyimpan semua file blog atau website. Secara sederhana bisa diumpamakan seperti bisnis offline, nama domain adalah alamat toko kita, sedangkan hosting adalah toko/bangunan tempat kita menyimpan barang2 yg akan kita jual…

Sekarang sahabat netter sudah ngerti kan????

cara memilih domain

Berikut tips tentang cara memilih atau menentukan nama domain yg tepat:


1] Pilih nama domain yang mewakili bisnis Anda- Jika blog Anda berkisar seputar hosting, usahakan pilih nama domain yang memiliki unsur kata hosting di dalamnya.

Jangan memakai domain dengan nama yang tidak ada hubungannya, bahkan bertentangan.

Misalnya, jika blog anda bergerak dibidang hosting , Anda bisa pilih nama domain besthosting.com, dan jangan memilih nama tokokomputer.com

2] Usahakan memilih domain berakhiran .Com- Seperti artomiseo.com, tokobaju.com, tokobuku.com, dan seterusnya. Dan bukan tokobaju.net, tokobuku.org, tokomesin.biz, atau yang lainnya.

Kenapa? 
Karena domain dengan akhiran .com identik dengan domain bisnis. Bahkan identik dengan nama domain secara umum.
Jika ada dua buah domain bernama tokobuku.com dan tokobuku.net, kira-kira orang akan mengingat yang mana ketika mengetikkannya di jendela browser? Domain .com jawabannya.

3] Pilih nama domain yang mudah diingat- Selain itu, pilihlah nama domain yang mudah diingat konsumen. Banyak pengguna website yang hingga hari ini masih mengandalkan ingatan mereka untuk membuka suatu situs yang pernah mereka buka (dan mereka sukai) sebelumnya.

Kalau Anda mencari gudang software gratisan, mana yang akan Anda ingat dengan lebih baik: softwaregratis.com, atau ubergratissoftwaresite.com?
Saya yakin, pilihan pertama jawabannya.

4] Pilih nama domain yang pendek- Dalam banyak kesempatan, lebih singkat nama domain Anda, maka lebih baik untuk bisnis Anda.

Daripada membuat domain dengan nama tokobajuibuindah.com, jauh lebih baik membuat nama tokobaju.com saja. Domain yang pendek lebih mudah diingat dan lebih elegan dibanding nama domain yang panjang.

 5] Hindari nama domain yang memakai angka
Dan jangan memilih nama domain yang penulisannya memakai angka, atau bisa ditulis dengan banyak versi.

Misalkan, domain 123.com. Saat ada teman bermain ke rumah Anda dan bertanya tentang domain yang Anda miliki, mungkin Anda bisa berkata bahwa domain saya adalah “satu dua tiga”.com. Tapi kira-kira apa yang akan ditafsirkan oleh teman Anda?
Apakah 123.com?
                            Atau satu2tiga.com?
                                                          Atau siji2telu.com?

Memusingkan, bukan? Heheee...

Dan juga memungkinkan kesalahan ketik. Karenanya, hindarilah. Kalau pengunjung setia blog anda salah ketik, maka mereka bisa nyasar keblog lain, dan akhirnya anda kehilangan pelanggan


6] Hindari bentrokan dengan masalah hak cipta- Berikutnya, untuk menghindari masalah di kemudian hari, usahakan untuk tidak memakai nama domain yang sudah ada hak ciptanya. Seperti menggunakan merek-merek besar.

 Jika Anda bukan orang yang memiliki akses untuk boleh memakai merek “Toyota” katakanlah, maka jangan pernah membuat domain dengan nama “Toko-Toyota.Com” atau “Toyota-Resmi.com”.

Anda tidak akan pernah tahu kapan pemegang merek merasa tersinggung dengannama domain Anda, dan mengadukan Anda ke pengadilan atas masalah pelanggaran hak cipta tersebut.


7] Untuk blog pribadi, gunakan nama Anda- Jika Anda menggunakan domain Anda untuk mengembangkan nama Anda sendiri, gunakanlah nama Anda. Misalnya artomiseo.com. Jangan gunakan nama barang, apalagi nama orang lain.


8] Terakhir, gunakan “top” atau “best” atau sejenisnya untuk website review- Jika Anda membeli domain yang dipergunakan untuk affiliate marketing dengan tipe review, adalah ide yang bagus untuk memakai kata “best” atau “top” dalam nama domain Anda.
Saya beri contoh untuk domain review web hosting, gunakanlah nama : besthosting.com, tophosting.com.

Kenapa? 
Karena biasanya orang mencari web hosting terbaik di search engine seperti google dengan keyword “best web hosting” atau “top hosting” atau sejenisnya.

Dengan memiliki nama domain yang mirip dengan keyword yang diinginkan, potensi situs Anda untuk berada di halaman awal search engine akan lebih besar lagi.

Yap, baiklah,.. mungkin itu saja dulu tips-tips memilih domain kali ini. Semoga bermanfaat….Tips ini diberikan oleh seorang Internet Marketer yg sukse di Indonesia.
Semoga artikel ini bisa membantu.... Terimakasih !