Type something and hit enter

author photo
By
Dunia tidak butuh pengenalan tentang kompetisi antara iOS dan ponsel pintar Android. Sementara software dan kemudahan yang disediakan oleh kedua sistem operasi Android dan iOS sangat bertolak belakang satu sama lain, namun basis pelanggan ponsel pintar dunia paling terpengaruh dengan masing-masing peluncuran baru dari raksasa ini.

Sementara perlengkapan iOS dikenal guna ponsel pintar canggih high-end mereka, sistem operasi Android memungkinkan untuk orang-orang guna mempunyai akses ke seluruh teknologi modern dengan kisaran harga yang terjangkau.

Setiap kali perlengkapan baru dari di antara produsen diperkenalkan di pasar, semua dunia dengan energik membuat perbandingan salah satu mereka.

Tren ini sedang dibuntuti selama sejumlah tahun terakhir dan tampaknya tidak selesai dalam masa-masa dekat.

Baca yang lainnya: 10 Alasan Mengapa Kita Memilih OS Android

Android L vs iOS 8


android l vs ios
Dengan diluncurkannya Android L serta iOS 8 pada musim gugur mendatang, kompetisi ini diinginkan mendapat desakan baru dan perang yang familiar antara dua-duanya pasti bakal mekar.

Melihat kompetisi yang terus dilangsungkan ini, bagaimana saya dan anda bisa menghentikan diri dari menciptakan perbandingan antara Android L dan iOS 8? Tanpa melemparkan waktu lagi, ayo kita lihat lebih dekat Android L (berjalan di Nexus 5) dan iOS 8 (berjalan di iPhone 5S).

Kunci Layar dan Layar Utama

Melihat layar kunci Android L, tersebut telah melalui sejumlah perubahan yang patut dihargai. Sebelumnya kami mesti unik layar dari atas untuk menyimak notifikasi, tetapi kini kami dapat menyaksikan notifikasi tepat di tengah layar.

Fitur ini, entah bagaimana, tampaknya sudah diadopsi dari iOS. Dengan memperbanyak pemberitahuan di Android L, software tertentu akan dikenalkan dan guna menutupnya, yang butuh Anda kerjakan hanyalah menggeseknya ke di antara dari kedua sisi.

Sementara babatan pada iOS 8 dapat dipakai untuk menjawab email atau guna menandainya sebagai BACA. Fitur-fitur ini dibetulkan baik di Android L dan iOS 8.

Di iOS, lampu pengumuman akan lumayan lama sampai-sampai pemakai dapat menyimak pesan, sedangkan di Android L lampu pengumuman RGB bakal padam.

Juga, terdapat jalan pintas ke software Telepon muncul di layar kunci Android L, sesuatu yang tidak terdapat di iOS 8. Tapi software kamera muncul di layar kunci baik Android L dan iOS 8.

Menariknya, iOS 8 mempunyai ruang guna widget pihak ketiga di lokasi notifikasi, sedangkan tidak ada peraturan seperti tersebut di Android L.

Sebagai konsumen, ini bakal mengejutkan pemakai Android L di masa depan. Cukup dengan menurunkan panel notifikasi di iOS 8, pemakai dapat mendapatkan akses ke widget pihak ketiga ini.

Secara berbeda, layar beranda di Android L dan iOS 8 tetap sama dengan versi sebelumnya.

Android L ialah pilihan yang sesuai untuk orang yang hendak mempersonalisasi ponsel pintar mereka dan iOS 8 paling bagus guna orang-orang yang mengharapkan tampilan pribadi, namun dengan sentuhan kesederhanaan.

Kontak, Keyboard, Pemanggil

Keyboard di Android L telah tidak banyak dimodifikasi namun semuanya, tersebut tidak bertolak belakang dari keyboard biasa yang sebelumnya kami pakai di perlengkapan Android.

Semua fitur, laksana auto-correct, emoticon, dan prediksi kata ialah bagian dari Android L.

Tetapi Apple sudah secara tepat guna memasukkan sejumlah prediksi kata yang sangat spektakuler di iOS 8. Konteks dan destinasi dari pembicaraan yang sedang dilangsungkan dipahami oleh algoritma, yang lantas membuat sejumlah prediksi yang paling pintar.

Aplikasi Telepon Android L sudah mengalami sejumlah perubahan yang patut dihargai.

Semua kontak yang berbintang kini ditempatkan dengan nyaman di ambang bawah layar, sehingga menyerahkan akses cepat untuk mereka.

Sementara itu, penelusuran dan kontak yang terakhir dihubungi sedang di atas.

Di sisi lain, tidak ada evolusi yang dilaksanakan pada software Telepon di iOS 8, yang bisa dimengerti.

Apple masih memimpin di sini sebab fitur, seperti menutup teks dan panggilan dari kontak yang diinginkan.

Di Android L, susunan kontak kompak dikomparasikan sebelumnya, dengan tidak banyak ruang salah satu setiap kontak dan gambar profil kecil.

Sementara di iOS 8, tidak terdapat ruang guna gambar profil, mungkin sebab pengembang tahu bahwa mayoritas dari mereka bakal tetap kosong.

Multitasking, panel Notifikasi, Kontrol cepat

Android L telah mengerjakan pekerjaan terpuji dalam susunan pemberitahuan cocok dengan prioritasnya. Yang sangat penting ditempatkan di unsur atas dan seterusnya.

Misalnya, seluruh email kini ditempatkan di unsur atas sedangkan pembaruan sedang di bagian bawah.

Namun, Apple telah memungut jalur yang lebih terorganisir dan dengan unik panel notifikasi ke bawah, laporan cuaca dan jadwal harian pemakai pun akan ditampilkan.

Pemberitahuan kini ditempatkan secara terpisah dan urutan di mana ini tercatat dapat diolah dengan masuk ke Pengaturan perangkat.

Seperti sebelumnya, menu Kontrol Cepat hadirdi panel pull-down Android L. Desain baru ini jelas adalahtitik plus bareng dengan slider kecerahan dan tombol ekstra untuk menyesuaikan orientasi layar.

Demikian pula, menu Kontrol Cepat di iOS 8 pun dimuat dengan fitur-fitur yang bisa dipuji. Namun, anda harus berhati-hati ketika menggulung halaman web sebab ini mungkin unik panel ke bawah.

Kamera dan Galeri

Di Android L, software Kamera dari Google telah dipakai seperti biasa. Anda bisa dengan gampang mengakses software ini dari Play Store.

Aplikasi ini tidak membutuhkan pengenalan dan dikenal sebab antarmuka yang gampang digunakan.

Mode kamera bawaan di Android L seharusnya memuaskan masing-masing pemakai biasa. Di sisi lain, kamera iOS 8 pasti memiliki sejumlah fitur bagus guna ditingkatkan.

Memotret video time-lapse, mengontrol fokus, pewaktu dan eksposur independen ialah beberapa fitur di iOS 8.

Di Android L, software Foto memungkinkan kami untuk menyaksikan foto.

Ada dua tab terpisah guna mengelola foto, Sorotan dan satu yang berisi seluruh gambar. Aplikasi ini mempunyai cadangan otomatis dan mengatur potret Anda di folder yang berbeda, tergantung pada tanggal mereka.

Ada sekian banyak  alat pengeditan dan kita tidak butuh menjadi PRO guna menggunakannya.

Demikian pula, iOS 8 pun mengatur gambar kita menurut tanggal dan waktu. Cadangan pun tersedia guna meyakinkan bahwa kita tidak pernah kehilangan satupun dari mereka.

Fitur pengeditan di iOS 8 pasti lebih sedikit dikomparasikan dengan Android L, namun kesederhanaan dan fasilitas pemakaiannya tentu sesuatu guna dihargai.

Kesimpulan:

Ini hanyalah sejumlah fitur yang kami ambil perbandingannya. Namun, baik Android L dan iOS 8 ditakdirkan guna mengalami sejumlah perubahan sebelum tanggal peluncurannya. Ini sepenuhnya tergantung pada pemakai untuk menyimpulkan ponsel pintar mana yang bakal diinvestasikan. Melihat tren ketika ini, Android dan Apple lagi-lagi bakal berselisih.

Untuk tulisan lainnya yang serupa dengan ini, kita dapat mendatangi Android Valley.

Click to comment