Penjelasan Mengenai Cara Kerja Smartphone
Cari Artikel

Advertisement

Penjelasan Mengenai Cara Kerja Smartphone

Masmient
10/28/2018

cara kerja smartphone

Dalam dunia teknologi mobile, smartphone adalah satu-satunya handset yang layak dibicarakan tentang hari-hari ini tampaknya.

Panduan berikut akan menjelaskan secara singkat bagaimana mereka berbeda dari ponsel biasa, apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka benar-benar bekerja.

Sebelum nyimak penjelasan singkat smartphone lebih baik pahami tentang smartphone terlebih dahulu di bawah ini:

Tentang Smartphone


Ponsel tradisional dibuat untuk menangani kebutuhan komunikasi Anda seperti membuat dan menerima panggilan atau mengirim pesan. Smartphone berbeda karena mereka menawarkan lebih dari ini karena mereka menyediakan banyak fungsi yang sama seperti yang Anda gunakan dari komputer Anda.

Ponsel cerdas memungkinkan Anda untuk menginstal, mengkonfigurasi, dan menjalankan aplikasi pilihan Anda. Akibatnya, ini berarti individu dapat menyesuaikan perangkat seluler mereka ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mengakses berbagai fungsi dari satu perangkat yang rapi.

Ini adalah beberapa hal inti yang dapat dilakukan oleh smartphone:

  • E-mail - semakin banyak ponsel pintar yang memiliki kemampuan Wi-Fi.
  • Pesan singkat.
  • Manajemen Informasi Pribadi, termasuk kalender, catatan, dan daftar yang harus dilakukan.
  • Komunikasi dengan laptop atau komputer desktop.
  • Sinkronisasi data dengan aplikasi seperti Microsoft Outlook dan program kalender iCal Apple.
  • Unduh dan jalankan aplikasi tingkat lanjut seperti video game.
  • Mainkan file audio dan video.


Aplikasi smartphone masa depan yang sudah dalam pengembangan tampaknya menunjukkan bahwa langit adalah batas ketika datang ke berbagai fungsi yang akan dapat mereka lakukan. Misalnya, teknologi komunikasi lapangan dekat akan memungkinkan ponsel cerdas Anda bertindak sebagai kartu kredit nirkabel di toko ritel.

Perangkat Keras Smartphone


Memproses Daya

Hari-hari ini, smartphone berjalan pada prosesor komputasi dengan kecepatan yang berkisar dari 100 - 624 MHz, dan prosesor 1 GHz sedang dalam perjalanan. Banyak smartphone menggunakan prosesor ARM hemat daya, jenis yang sama yang dapat ditemukan di printer, router, dan pemutar MP3.

Mereka juga akan menawarkan penyimpanan memori on-board dalam puluhan megabyte, dan banyak perangkat memiliki slot untuk memori yang dapat dilepas untuk menawarkan penyimpanan ekstra dengan cara yang sama seperti Anda akan menggunakan hard-drive eksternal untuk komputer Anda.

Fungsionalitas Chip Komputer


Chip komputer memberi smartphone fungsi mereka. Ini termasuk kamera dengan sensor gambar beresolusi tinggi seperti kamera digital, penjelajahan web secara real-time, berbagi file multimedia atau memutar musik - tanpa menguras daya baterai ponsel Anda secara berlebihan. Beberapa produsen juga mengembangkan chip yang mengintegrasikan beberapa fungsi untuk membantu mengurangi biaya keseluruhan handset mereka, yang berarti dengan lebih sedikit chip per telepon, biaya produksi mereka dan dengan demikian harga ritel mereka diturunkan.

Harus dikatakan bahwa inovasi perangkat keras baru-baru ini telah memimpin jalan untuk menjadi apa yang diharapkan pengguna sebagai standar dari smartphone yang baik.

Misalnya, iPhone Apple memiliki akselerometer yang memungkinkan Anda mengubah tampilan dari format potret ke lanskap hanya dengan memutar ponsel 90 derajat. Juga, tombol panggil untuk panggilan semakin digantikan oleh layar sentuh (iPhone tidak memiliki tombol panggil sama sekali).

Lalu ada fitur penghematan daya yang mendapatkan tanah - iPhone memiliki sensor cahaya ambient yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan tampilan berdasarkan seberapa banyak cahaya yang ada di sekitar Anda.

Perangkat Lunak Smartphone


Perangkat lunak yang digunakan ponsel cerdas diatur sebagai tumpukan (mirip dengan komputer) yang terdiri dari lapisan berikut:

Kernel - ini berisi sistem manajemen kunci untuk proses komputasi dan driver smartphone yang mengoperasikan perangkat kerasnya.

Middleware - di sini Anda memiliki pustaka perangkat lunak yang menjalankan aplikasi ponsel cerdas Anda seperti penelusuran web, keamanan, dll.

Application Execution Environment (AEE) - ini terdiri dari antarmuka pemrograman aplikasi yang memungkinkan pengembang untuk membuat program baru.

Kerangka Antarmuka Pengguna - memungkinkan untuk grafik dan tata letak terlihat di layar Anda.

Application Suite - ini adalah aplikasi dasar yang akan Anda akses secara teratur, seperti kalender, layar menu, dan kotak masuk pesan.

Sistem Operasi Smartphone (OS)


OS dari smartphone sangat penting untuk bagaimana fungsinya, apa batasannya dan berbagai aplikasi yang dapat Anda nikmati.

cara kerja smartphone


Dua pesaing utama di mata masyarakat umum hari-hari ini adalah Google Android OS dan Apple iOS. Karena platform yang dijalankan ponsel Anda sangat penting untuk bagaimana Anda mengalami teknologi seluler, ini akan dijelaskan secara menyeluruh dalam artikel terpisah.

Silahkan di baca juga: 10 Alasan Mengapa Harus Memilih Android Daripada iOS

Kesimpulan

Kecepatan break-neck di mana smartphone sedang berkembang membuka kemungkinandunia tanpa batas kemungkinan mempengaruhi cara kita mengelola dan menikmati hidup kita. Apakah Anda memahami teknologi dan terus-menerus mengawasi aplikasi terbaru dan paling keren untuk diunduh, atau apakah Anda hanya memiliki daftar kebutuhan untuk mendukung Anda saat bepergian, smartphone telah meningkatkan bar secara signifikan ketika datang ke apa yang dapat Anda capai dengan handset seluler.