Type something and hit enter

author photo
By
Untuk mengasuh laptop sebenarnya gampang dan tak ribet, namun tidak sedikit pemakai laptop yang jarang memperhatikannya, sebenarnya ini penting walau sepele karena andai baterai tahan lama maka nyaman dengan masa-masa lama saat memakai laptopnya.

5 Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop

merawat laptop
Inilah sejumlah tips yang terbilang sepele namun dominan pada kesehatan baterai laptop. Jika baterai sudah dilalaikan dalam jangka panjang akan menyebabkan kebocoran dan super boros.

yuk simak artikel

1. Cabut Charger ketika baterai menjangkau 100%

Jika anda sedang men-charger laptop anda dan daya sudah menjangkau angka 100%. Maka betapa baiknya anda cabut saja chargernya. Jika anda membiarkan kejadian itu dan charger terus menempel maka anda sama aja memperpendek usia baterai tersebut.

Arus yang terus mengalir kedalam baterai laptop sebenarnya baterai sudah sarat sama aja merusak baterai.

Akan tetapi, ada sejumlah jenis laptop gaming khusus-nya yang merekomendasikan anda charger terus ketika dipakai juga.

Misalkan anda sedang bermain game seraya di charger dan daya sudah menjangkau angka 100%. Ada sejumlah jenis laptop gaming yang boleh urusan ini terjadi, malahan di rekomendasikan oleh officialnya sendiri.

2. Gunakan Baterai dan Charger Original

Kamu mesti meyakinkan bahwa baterai yang sedang kamu pakai pada laptop kesayanganmu ialah baterai original dan bawaan pabrik lebih bagus. Tentunya baterai bawaan pabrik telah teruji ketenteraman dan kualitasnya sendiri guna mengaliri daya pada hardware.

Jika anda menggunakan baterai abal-abal tidak boleh harap anda mendapat hasil yang maksimal pada kinerja laptopmu. Perlu dikenang juga, tidak boleh pernah menggunakan charger abal-abal atau charger milik rekan kamu.

Walaupun lubang port dan format chargeran sama namun arus listrik yang dialirkan dapat saja kecil atau besar. Kalau arus yang dialirkan kecil dan tidak stabil maka baterai laptop anda akan boros dari biasanya. Ingat, masing-masing baterai laptop mempunyai standar yang bertolak belakang tidak seluruh sama lho.

3. Charging dalam Keadaan Mati

Kamu pun perlu memerhatian urusan sepele ini. Charging pada ketika laptop anda sedang mati memiliki guna yang lebih banyak ketimbang saat dipakai atau menyala. sepele tetapi penting guys. Melakukan hal bisa membantu anda mempercepat dalam proses charging.

Kamu dapat merasakan perbedaan charge seraya menyala dan charge seraya mati. Jika anda merasakaan charging seraya menyala lebih cepat dapat dipastikan bahwa baterai anda sudah mulai bobrok dan tentunya sudah terasa boros dalam pemakaian.

4. Charge Laptop mu Jangan Sampai 0%

Beberapa orang berpikiran guna men-charge laptop kesayangannya menantikan terlebih dahulu hinngga 0%. Justru tersebut sangat tidak direkomendasikan. Dalam suasana laptop normal, menantikan baterai berakhir dapat merusak baterai.

Lebih baik anda mencharge laptopmu pada ketika baterai menjangkau daya 20% saja. Karena andai kamu menantikan 0% dapat saja kinerja baterai menurun. Seperti empiris sesudah baterai 0% baru di charge, alhasil baterai tidak bisa terisi penuh melulu mencapai 80% saja.

5. Hapus Software yang Tak Terpakai

Mungkin anda selama ini tidak memahami ada beberapa software yang sedang berlangsung di laptop anda padahal anda tidak merasa menjalankannya. Kamu dapat cek di Task Manager.

Aplikasi yang sedang berjalan lagipula banyak bisa memaksa kinerja CPU dan sahabat kawan guna multitasking. Ini menyebabkan menggunakan daya laptop yang tinggi. Alangkah baiknya segera uninstall software yang tidak dibutuhkan dan stop aplikasi/software yang sedang berjalan.

Akhir kata

Itulah sejumlah tips mengenai Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet dan Nyaman Di Pakai. Sebagai barang elektronik usahakan anda merawatnya supaya tetap awet. Mengingat namanya barang elektronik itu tahan lama tidaknya tergantung pemakai dan pemakaian. Bijak-bijak lah dalam pemakaian.

Click to comment